Tentang proyek

3 Karya! adalah situs-tumbuh yang bertujuan untuk secara kolektif membangun pencatatan sejarah seni rupa Indonesia dari sudut pandang para pelaku seni rupa sendiri. 3 Karya! secara khusus menyasar pada pencatatan sejarah berbasis karya dan bukan peristiwa (misalnya pameran, pementasan, atau festival).

Berangkat dari (3) karya yang dicatatkan oleh setiap pencatat, ada dua elemen yang tidak bisa dipisahkan yaitu ia yang mencatat (pelaku seni rupa) dan perupa (pencipta karya yang dicatat). Oleh karena itu, 3 Karya! juga mencatatkan siapa mereka dan bagaimana praktik kesenirupaan mereka secara umum.

Pencatatan bersifat terbuka dan bersama ini kami pilih karena kesesuaiannya dengan moda penyebaran pengetahuan yang berlangsung di sekitar kita, yaitu secara lisan (dari mulut ke mulut dan dari generasi ke generasi).

>>> >>> >>>

Metode awal pengumpulan data adalah dengan mewawancarai praktisi seni rupa yang kami temui dalam pekerjaan Hyphen (Ratna, Grace, Pitra, Mara) sepanjang 2013 – 2014. Sejumlah 35 narasumber terkumpul dari proses ini.

Kemudian, untuk memperluas cakupan narasumber, Grace mempresentasikan proyek ini dalam kerangka Rerancang Tunggal Forum Ceblang Ceblung (Februari 2015) dan WiPS iCAN. Masing-masing anggota Forum Ceblang Ceblung diminta merekomendasikan dua nama lain untuk diwawancarai. Sejumlah 60 narasumber terkumpul dari proses ini.

Sekarang, dengan adanya situs ini, kami berharap lebih banyak praktisi seni rupa ikut mencatatkan sejarah seni rupa Indonesia melalui sudut pandangnya sendiri-sendiri.

Advertisements