Kawan-Kawan Revolusi

S. Soedjojono
Kawan – Kawan Revolusi (1947)
Lukisan

DIPILIH OLEH
Bayu Widodo (l. 1983) adalah perupa yang banyak bekerja dalam konteks street art, piawai dengan medium cetak grafis, dan aktif dalam beragam ranah serta komunitas subkultur. Ia pernah menempuh pendidikan seni grafis di Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta (2003 – 2009).

ALASAN PEMILIHAN
Kawan-kawan revolusi menurut pemahamanku, penglihatanku terhadap lukisan itu adalah bagaimana S.Sudjojono menggambarkan lukisan berjudul kawan-kawan revolusi itu akhirnya ada beberapa pertanyaan “apakah kawan-kawan revolusi itu dibuat adalah potret- potret teman-teman dilingkungannya sekitarnya atau potret-potret itu imajinernya S.Sudjojono

KARYA LAIN PILIHAN Bayu Widodo
Kesenian Unit Desa, Heads from the north

=========================================================================

DIPILIH OLEH
Farah Wardani

ALASAN PEMILIHAN
Sebenarnya aku suka banyak karya Sudjojono. Tapi karena mesti memilih, aku pilih yang ini. Aku pernah bikin pameran arsip dengan judul yang sama dan memang kerangka pamerannya berangkat dari karya itu. Kami sering berhubungan dengan keluarga Sudjojono dari pihak Ibu Mia, dengar banyak cerita tentang kehidupannya, bisa menemukan bagaimana cerita-cerita dan karakter itu masuk dan menjadi karya itu. Kawan-kawan revolusi yang dimaksud Sudjojono adalah benar-benar orang-orang di sekitarnya, bukan pahlawan- pahlawan dalam sejarah, yang jadi bagian dari revolusi bersama dia. Sudjojono menggambarkan semangat perjuangan itu yang kolektif, bukan dalam bentuk propaganda. Ini adalah karya yang paling representatif dengan pernyataan dia juga, realisme sosial dari sisi dia sebagai manusia, pengalaman dia sendiri, lingkungan dia sendiri.

KARYA LAIN PILIHAN Farah Wardani
Masturbasi1001 Manusia Tanah

Advertisements