Penggalian Kembali

Semsar Siahaan
Penggalian Kembali (1994)
Instalasi

DIPILIH OLEH
Agung Kurniawan (l. 1968) adalah perupa yang banyak bekerja dengan gambar, seni rupa pertunjukan, dan rangkaian peristiwa. Ia pernah berkuliah di jurusan arkeologi, Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada(1987 – 1991) dan sempat menempuh pendidikan seni grafis di Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta (1991 – 1995).

ALASAN PEMILIHAN
Saya nggak lihat langsung karya ini. Saya melihat foto dokumentasinya di koran, di mana-mana. Bagaimana orang bercerita tentang orang itu juga jadi berpengaruh ya kepada saya. Jadi, sekarang saya bisa bilang, jangan-jangan karya ini secara visual nggak menarik. Tetapi, saya bisa membayangkan bagaimana dramatisnya gedung pameran Taman Ismail Marzuki yang mau dibangun tetapi terhambat terus, banyak bocor, kemudian digali olehnya. Secara formal, bagaimana dia menemukan ruang yang diabaikan itu, untuk dijadikan situs karyanya, butuh strategi keruangan yang sangat baik. Ada banyak orang di Jakarta–waktu itu–yang terus menerus membicarakan bagaimana pentingnya ruang itu secara kesejarahan, tapi nggak berbuat apa-apa. Semsar malah menghidupkan lagi ruang itu. Bukan hanya dengan isu 1965 yang dia angkat, tetapi bahwa akhirnya ruang itu jadi tempat ziarah keruangan juga. Penting sekali karya ini sebab dia melihat potensi ruang yang diabaikan itu.

KARYA LAIN PILIHAN Agung Kurniawan
Mystical Machine Made in Indonesia, Viva La Muerte

Advertisements