Masyaallah Transgenik

DIPILIH OLEH
Dito Yuwono (l. 1985) adalah seorang fotografer yang memulai kerjanya dari latar belakang jurnalistik. Ia lulus dari Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Sosial Politik, Universitas Atmajaya Yogyakarta.

ALASAN PEMILIHAN
Menurut saya karya ini penting karena berhasil menjadi standar yang baru, serta berpengaruh banyak pada proses penciptaan karya seniman-seniman muda Jogja selepas melewati tahun 2013. Karya ini berhasil menggabungkan berbagai pendekatan, yang kemudian berhasil membicarakan gagasan soal ketahanan pangan yang diangkat secara tepat. Karya ini berhasil membuka wawasan dan cara pandang baru dalam hal proses penciptaan karya.

KARYA LAIN PILIHAN Dito Yuwono
Golden NutmegKesenian Unit Desa

>>> >>> >>>

DIPILIH OLEH
FX Woto Wibowo “Wok The Rock” (l. 1975) adalah seorang perupa yang giat menjelajahi ragam kemungkinan keterlibatan banyak hal (baik orang maupun elemen) dalam karya-karyanya. Ia adalah lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

ALASAN PEMILIHAN
Cara meresponnya menarik dan karyanya sendiri juga menggunakan berbagai macam medium-medium seni yang kalau dibilang seni lintas displin ya karya ini mewakili. Ada performance art dan performing art atau teater itu kemudian jadi kabur ditengah-tengah karena kita bisa melihat itu performance art tapi itu bisa lihat itu teater. Terus bagaimana mengolah isu-isu Islam atau arab gitu ya, itu caranya menarik tidak dengan biasanya Islam-jawa tapi ini lebih kompleks lagi, Islam-jawa tapi Katolik, Katolik-jawa jadi banyak layer-layer itu. Kemudian ada instalansinya bukan instalansi mati atau objek mati yang dipajang, dilihat seperti itu banyak sekali layer disitu karena sangat politik yang cukup jarang di yogya, tapi penyampainnya juga menarik enggak aktivisme, menarik secara artistik dan pesannya jelas, enggak membingungkan.

KARYA LAIN PILIHAN FX Woto Wibowo “Wok The Rock”
Change Yourself, Papan Tulis 22/7

>>> >>> >>>

DIPILIH OLEH
Elia Nurvista

ALASAN PEMILIHAN
Aku suka dengan cara dia walaupun orangnya sangat provokatif tapi caranya dia untuk melibatkan orang-orang untuk terlibat diperformernya dan dia banyak memasukkan dari pidato pak karno, berasa di gereja-gereja tapi Islam, melibatkan performer dan alasannya simpel.

KARYA LAIN PILIHAN Elia Nurvista
Burn Your IdolMasyaallah Transgenik

(Video milik Indonesian Visual Art Archive, foto milik IndoArtNow.)

Advertisements