Boeng, Ayo Boeng

DIPILIH OLEH
Andrew Lumban Gaol (l. 1986) adalah seorang perancang grafis dan seniman yang bekerja di ruang-ruang publik mengangkat perihal kehidupan bermasyarakat dalam kondisi sosial-politik terkini. Ia adalah lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual, Modern School of Design, Yogyakarta (2005 – 2013).

ALASAN PEMILIHAN
Karya ini sangat berkesan bagi saya secara pribadi karena karya ini berbeda dari karya dan kebiasaan pengkaryaan dari Affandi sebelumnya, karya ini adalah karya poster, dan mungkin menjadi karya poster pertama seniman Indonesia pasca penjajahan Belanda dan Jepang di tanah air.

Karya ini juga mempunyai cerita yang sangat unik ketika proses penciptaannya, karena poster ini tidak hanya dikerjakan oleh Affandi, tapi dibantu oleh Dullah sebagai model ilustrasinya dan teks yang dikarang oleh Chairil Anwar. Jadi di masa itu kita sudah bisa melihat pola kerja beberapa tokoh penting Indonesia yang kemudian menghasilkan sebuah karya ikonik. Ini cukup penting untuk dilihat sebagai bahan pelajaran sejarah bagi usaha – usaha kesenian kita yang memungkinkan kita untuk saling berbagi pengetahuan dalam kerja – kerja kesenian lintas disiplin.

KARYA LAIN PILIHAN Andrew Lumban Gaol
JAKARATE, Dirgantara

(Foto milik Indonesian Visual Art Archive dan Museum Affandi.)

Advertisements