Makanan Tidak Mengenal Ras

Krisna Murti
Makanan Tidak Mengenal Ras (1999)
Instalasi

DIPILIH OLEH
Melisa Angela (l. 1981) adalah direktur operasional Indonesian Visual Art Archive. Ia adalah lulusan dari jurusan Kriya Keramik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Yogyakarta (2001 – 2008).

ALASAN PEMILIHAN
Karena karya ini saya anggap sebagai karya seni rupa Indonesia paling awal yang paling berhasil mewakili cara pandang baru tentang berkarya. Penggunaan media baru sebagai sebuah media baru, tanpa usaha memaksakan penggunaan teknik seni rupa supaya karya ini masih dikenali sebagai karya seni rupa. Namun dengan seperti itu, karya ini justru berhasil tampil sebagai karya seni media baru secara utuh, pun pesan karya tersebut tersampaikan.

KARYA LAIN PILIHAN Melisa Angela
Penangkapan Pangeran Diponegoro, Barli dan Affandi

>>> >>> >>>

DIPILIH OLEH
Pitra Hutomo (l. 1984) adalah pengarsip di Indonesian Visual Art Archive. Ia pernah menempuh pendidikan di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (2002 – 2010).

ALASAN PEMILIHAN
Selain karena secara pribadi saya tertarik dengan makanan atau prosesi makan sebagai analogi, karya ini juga menarik karya sebenarnya dia satu kesatuan yang utuh. Sayang, akhirnya dia dikoleksi hanya instalasi toilet dengan video di dalamnya. Padahal bisa jadi menarik kalau yang dikoleksi karyanya seutuhnya, seperti keseluruhan instalasinya ketika dipamerkan–ada prosesi makan di depan toilet yang memutar video.

KARYA LAIN PILIHAN Pitra Hutomo
Special Prayer from the Dead, Seri Tetangga

(Foto milik Indonesian Visual Art Archive.)

Advertisements